Monday, December 26, 2011

Sifat-sifat URIN

SIFAT-SIFAT URIN
1.      VOLUME URIN
Volume urin dalam 24 jam tergantung pada faktor fisiologik (misalnya intake cairan suhu dan kerja fisik) dan faktor patologik (misalnya penyakit ginjal, diabetes mellitus, dan sebagainya). Beberapa obat misalnya golongan diuretic,kopi, alcohol dapat pula mempengaruhi volume urin. Pada manusia, normalnya volume urin antara 600-2500 ml/24 jam. Kelainan-kelainan dalam volume urin :
Poliuri         : bila volume urin > 2500 ml/24jam
Oligouri      : bila volume urin < 600 ml/24 jam
Anuri           : bila tidak terbentuk urin
Prinsip : untuk menentukan volume urin diperlukan urine yang dikumpulkan dalam 24 jam
Percobaan : Urin hari pertama dibuang pada waktu yang telah ditentukan (misalnya jam 6 pagi). Semua urin mulai waktu itu sampai dengan waktu yang sama pada hari berikutnya dikumpulkan. Seluruh urine tersebut harus dismpan dalm keadaan dingiin dengan toluen sebagai pengawet.

2.      BERAT JENIS URIN
Berat jenis urin normal antara 1,003-1,030 tergantung pada jumlah zat-zat yang terlarut di dalmnya dan volume urin. Jumlah total zat padat dalm urin 24 jam kira-kira 50 gram. Berat jenis urin berubah terutama pada penyakit ginjal.
Prinsip : untuk menentukan berat jenis urin diperlukan alat hydrometer/urinometer. Urine yang digunakan adalah urine 24 jam.
Percobaan :
-        Tampung urin (sewaktu, pagi hari dan urin 24 jam) ke dalam wadah yang telah disediakan.
-        isilah sebuah tabung urinometer dengan urin tersebut di atas dan letakkan hydrometer didalamnya hingga urinometer pada posisi terapung. Hidrometer tidak bleh menyentuh dinding tabung. Catatlah suhu urin tersebut dengan menggunakan thermometer. Tiap-tiap urinometer telah ditera pada suhu tertentu.
-        bila suhu urin tidak sama dengan suhu tera, lakukanlah koreksi dengan cara tambahkan 0,001 pada angka yang dinyatakan hydrometer abgi tiap penambhan suhu 3oC di atas suhu tera atau dikurangi 0,001 pada angka yang dinyatakan hydrometer bagi tiap penambahan suhu 3oC di bawah suhu tera.
-        Kemudian bacalah skala pada meniscus bawah urin dan hitunglah dengan menggunakan rumus berikut ini :
-        Kalikan dua angka terakhir berat jenis urin sesungguhnya tersebut di atas dengan koefisien Long (2,6). Hasilnya diperoleh secara kasar jumlah zat padat total dalam 1 liter urin (gram).
3.      PH URIN
Urin dapat bersifat asam, netral, atau basa dengan pH antara 4,7-8,0. Tetapi urin yang dikumpulkan selama 24 jam biasanya bersifat asam. urin yang diambil pada waktu-waktu tertentu mempunyai pH yang berbeda-beda. Beberapa waktu setelah makan, urin akan bersifat netral bahkan alkalis. Ini disebut alkalin ide. BIla dibiarkan waktu lama, urin dapt mengalami qmmoniacal fermentation atau acid fermentation. Hal ini disebabkan oleh bakteri dan PH urin menjadi basa.
Prinsip : pH urin ditentukan dengan indicator universal, urine yang digunakan adalah urine 24 jam.
Percobaan : Celupkan secarik strip indicator universal ke dalam urin sewaktu dan 24 jam kemudian bacalah pH urin tersebut.

4.      BAU, WARNA DAN KEKERUHAN
Urin yang baru dikeluarkan mempunyai bau khas. Bila urin mengalami dekomposisi, timbul bau ammonia yang tidak enak. Pada penderita diabetes mellitus dengan ketosis maka urin akan berbau aseton.
Warna urin berbeda-beda sesuai dengan kepekatannya, tetapi dalam keadaan normal urin berwarna kuning muda. Warna terutama disebabkan oleh pigmen urokrom yang berwarna kuning dan sejumlah kecil oleh urobilin dan hematoporfirin.
Dalam keadaan demam karena pemekatan, warna urin berubah menjadi kuning tua atau agak coklat. Pada penyakit hati, pigmen empedu dapat menyebabkan urin menjadi hijau, coklat, atau kuning tua. Darah/hemoglobin menyebabkan urin warna merah, sedangkan methemoglobin atau asam hemogentisat menyebabkan warna urin coklat tua.
Urin normal biasanya jernih pada waktu dikeluarkan, tetapi bila dibiarkan dalam waktu lama akan timbul kekeruhan disebabkan oleh nucleoprotein, mukoid, atau sel-sel epitel. Selain itu pada urin yang alkalis, kekeruhan dapat disebabkan oleh endapan fosfat sedangkan pada urin asam biasanya disebabkan oleh endapan urat.
Percobaan : Catatlah bau, warna, dan kekeruhan urin sewaktu, pagi hari dan urin 24 jam.

Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 comments: on "Sifat-sifat URIN"

Post a Comment