Monday, October 10, 2011

SEJARAH PETERNAKAN DI INDONESIA DARI MASA KE MASA

SEKELUMIT SEJARAH PETERNAKAN DI INDONESIA

usaha peternakan di Indonesia telah di kenal sejak dulu kala. Namun pengetahuan tentang kapan dimulainya proses domestikasi dan pembudidayaan ternak dari hewan liar, maih langka. 

Adanya bangsa ternak asli di seluruh Indonesia seperti sapi, kerbau, kambing, domba, babi, ayam dan itik, memberikan petunjuk bahwa penduduk pertama Indonesia telah mengenal ternak sekurang- kurangnya melalui pemamfaatannya sebagai hasil perburuan. Dengan kedatangan bangsa-bangsa cina, india, arab, eropah dan lain-lain, maka ternak kuda dan sapi yang di bawa serta, bercampur darah dengan ternak asli. Terjadilah kawin silang yang menghasilkan ternak keturunan atau peranakan diberbagai daerah di Indonesia. Disamping itu, dalam jumlah yang banyak masih terdapat ternak asli. Dengan demikian terjadilah tiga kelompok besar bangsa ternak yaitu kelompok pertama adalah bangsa ternak yang masih tergolong asli, ialah ternak yang berdarah murni dan belum bercampur darah dengan bangsa ternak luar. Kelompok kedua adalah kelompok “peranakan”, yaitu bangsa ternak yang telah bercampur darah dengan bangsa ternak luar. Kelompok ketiga adalah bangsa ternak luar yang masih diperkembangbiakkan di Indonesia, baik murni dari satu bangsa atau yang sudah bercampur darah antara sesame bangsa ternak “luar”tersebut. Bangsa ternak demikian dikenal dalam dunia peternakan sebagai ternak “ras” atau ternak “negeri”.

Pentahapan waktu di dalam mempelajari sejarah usaha peternakan di Indonesia, disesuaikan dengan perjalanan sejarah, untuk melihat perkembangan usaha peternakan dalam kurung waktu tahap sejarah. Di dalam kurun waktu tersebut dapat dipelajari sejauh mana pemerintahan di kala itu memperhatikan perkembangan bidang peternakan atau segi pemamfaatan ternak oleh penduduk diwaktu itu.
sejarah usaha peternakan di sajikan dalam dua tahap yaitu :
2. Usaha peternakan di zaman penjajahan, yaitu di zaman VOC, dan zaman Hindia Belanda.


Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 comments: on "SEJARAH PETERNAKAN DI INDONESIA DARI MASA KE MASA"

Post a Comment