Wednesday, January 4, 2012

TERAPI KEDELAI UNTUK MENURUNKAN KADAR KOLESTEROL

TERAPI KEDELAI UNTUK MENURUNKAN KADAR KOLESTEROL

Menurut American Heart Association, hampir 95 juta orang Amerika memiliki kadar kolesterol di atas 200 mg/dl dan 37 juta memiliki kadar 240 mg/dl. Laporan 1987 dari Kolesterol Nasional Pendidikan Program , Adult Treatment Panel menyarankan tingkat kolesterol darah total harus: <200 mg / dL kolesterol darah normal, 200-239 mg / dL perbatasan-tinggi, lebih dari 240 mg / dL kolesterol tinggi (National Cholesterol Education Program, 2001). The American Heart Association menyediakan seperangkat pedoman yang sama total (puasa) tingkat kolesterol darah dan risiko penyakit jantung (American Heart Association, 2008). Kadar kolesterol yang tinggi tidak terlepas dari makanan yang dikonsumsi oleh manusia. 

Di era globalisasi ini, makanan instant seperti ayam Kentucky dan sebagainya merupakan makanan yang sangat digemari oleh masyarakat. Padahal mereka tidak mengetahui bahaya yang dapat ditimbulkannya. Populasi studi secara konsisten telah menunjukkan bahwa kolestrol HDL mempunyai peran dalam penyakit kardiovaskuler (Assmann G,dkk,2002). Makanan demikian memperbesar peluang kita  terserang berbagai macam penyakit seperti penyakit kardiovaskuler. Selain itu, tanpa kita sadari, makanan cepat saji yang cara menyajikannya dengan menggoreng terlebih dahulu  mengandung kadar kolesterol yang tinggi. Jika hal ini terus berlangsung tanpa kita sadari, maka kita dapat saja secara tiba-tiba meninggal.

Kolesterol merupakan lipida yang diproduksi oleh hati dan terdapat dalam makanan yang berasal dari hewan, seperti daging dan makanan-makanan lemak jenuh. Kolesterol pada dasarnya merupakan lemak yang diangkut dalam tubuh pada lipoprotein. Jika kadar kolesterol dalam tubuh  tinggi, maka dapat menyebabkan timbulnya plak. Selain itu, juga dapat menyebabkan pembuluh darah tersumbat karena jantung terbungkus lemak sehingga jantung mengalami kerusakan. Apabila jantung mengalami kerusakan, maka berpeluang besar terjadinya serangan jantung bahkan dapat mengakibatkan kematian secara tiba-tiba. (Read More about kolesterol)

Berdasarkan penyelidikan epidemiologi, perempuan-perempuan post menopaus di China yang mengkonsumsi kedelai lebih banyak, mengalami serangan Jantung 86% sedikit lebih dibandingkan dengan yang mengonsumsi kedelai lebih sedikit (Zhang X, 2003). Orang Jepang mempunyai tingkat kematian paling rendah akibat serangan jantung dalam populasi laki-laki di seluruh dunia dan memiliki tingkat terendah kedua bagi populasi wanitanya. Meskipun menu orang Jepang juga mengandung senyawa lain yang juga dapat mencegah infeksi bakteri, tetapi para ilmuwan yakin bahwa frekuensi mengkonsumsi kedelai menjadi faktor utama masyarakat Jepang memiliki tubuh yang sehat dan umur yang panjang. Protein kedelai telah terbukti mempunyai efek menurunkan kolestrol, yang dipercaya karena adanya isoflavon (Kowara,Sutrisno, 2006). Isoflavon merupakan faktor kunci dalam kedelai sehingga memiliki potensi memerangi penyakit tertentu. Isoflavon kedelai dapat menurunkan resiko penyakit jantung dengan membantu menurunkan kadar kolesterol darah. Protein kedelai telah terbukti mempunyai efek menurunkan kolesterol, yang dipercaya karena adanya isoflavon di dalam protein tersebut.

Para peneliti yakin bahwa hanya dengan menambahkan sedikitnya 2 ons makanan yang terbuat dari kedelai ke dalam menu sehari-hari yang sehat dapat menjaga tubuh kita dari penyakit kanker dan jantung akibat bahaya kolesterol tinggi. Oleh sebab itu, dengan mengkonsumsi kedelai dapat meningkatkan kesehatan kita semua, terutama mencegah timbulnya penyakit-penyakit akibat kadar kolesterol yang tinggi.

Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 comments: on "TERAPI KEDELAI UNTUK MENURUNKAN KADAR KOLESTEROL"

Post a Comment