Wednesday, January 4, 2012

Mengenal tanaman Kedelai

Mengenal tanaman Kedelai
Kedelai adalah tanaman yang termasuk dalam genus Glycine. Tanaman ini mempunyai kaitan yang erat dengan tumbuhan berdaun empat, kacang-kacangan, dan alfafa. Kacang kedelai adalah salah satu tanaman polong-polongan yang menjadi bahan dasar banyak makanan Timur Jauh seperti kecap, tahu, tempe dan susu / serbuk kedelai. Kedelai yang dibudidayakan sebenarnya terdiri dari paling tidak dua spesies: Glycine max (disebut kedelai putih, yang bijinya bisa berwarna kuning, agak putih, atau hijau) dan Glycine soja (kedelai hitam, berbiji hitam). Glycine max merupakan tanaman aslrai daerah Asia subtropik seperti Tiongkok dan Jepang selatan, sementara Glycine soja merupakan tanaman asli Asia tropis di Asia Tenggara. Kedelai merupakan sumber utama protein nabati dan minyak nabati dunia. Penghasil kedelai utama dunia adalah Amerika Serikat meskipun kedelai praktis baru dibudidayakan masyarakat di luar Asia setelah 1910.

Bagian kedelai yang dapat dimakan sebenarnya merupakan biji dari polong kedelai. Kedelai muda berbentuk polong yang belum keras dan berwarna hijau. Namun, ketika sudah tua, warnanya berubah menjadi kecoklatan dan ketika masak akan mengeras dan mengering.

Kedelai atau produk-produk kedelai biasa disebut soya. Menurut Soya Bluebook, sebuah referensi perdagangan terkemuka, kedelai merupakan kata yang dipakai  untuk menggambarkan “tanaman, hasil-hasil dan produk-produk yang bahan dasarnya berasal dari kedelai”. Jauh sebelum ahli-ahli kimia berhasil menganalisis makanan yang secara mendetail sampai ke molekul-molekul terdekatnya, orang Cina menjuluki  kedelai dengan nama “daging tanpa tulang” dan “sapi Cina”. Bahkan sebelum orang mengetahui keberadaan protein, orang Cina memperkirakan bahwa kedelai merupakan salah satu sumber gizi terpenting bagi perkembangan tubuh manusia.


Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 comments: on "Mengenal tanaman Kedelai"

Post a Comment